Strategi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Diskusi terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas IV SD Islam Bani Hasyim singosari
Abstract
Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas 4 SD Islam Bani Hasyim strategi pengelolaan pembelajaran yang digunakan adalah strategi pengelolaan berbasis diskusi. Strategi pengelolan pembelajaran berbasis diskusi ini dilaksanakan dengan cara yang melalui via zoom, google meet dan juga via whatsapp jadi setiap siswa mampu untuk mengelola gadged mereka sendiri kemudian guru memberikan materi yang akan mereka diskusikan dan pada akhir pembelajaran setiap siswa mampu menyimpulkan materi yang sudah diberikan. Namun dengan strategi pengelolaan pembelajaran bebasis diskusi maih ada siswa yang mersa jenuh dalam preoses bembelajaran Oleh karna itu sangat penting guru dalam motivasi belajar siswa untuk bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga siswa itu bisa mencapai tujuan yang diinginkan seorang guru motivasi belajar ini akan bisa timbul dilihat bagaimana upaya guru bisa mengelola pembelajaran yang baik dan bisa menimbulkan motivasi siswa itu sendiri
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti mefokuskan penilitian pada bagaimana desain strategi pengeloaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas 4 di SD Islam Bani Hasyim dan Bagaimana pelaksaaan strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas 4 di SD Islam Bani Hasyim dan Bagaimana motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas 4 di SD Islam Bani Hasyim
Tujuan penelitian Mendeskripsikan desain strategi pengeloaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas IV di SD Islam Bani Hasim dan Pelaksaaan strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas IV di SD Islam Bani Hasyim dan Motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas IV di SD Islam Bani Hasyim
Untuk bisa mencapai tujuan di atas peneilitian dilakukan dengan jenis penilitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilaksanakan dengan cara metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penilitian fenomena yang llaksanakn secara sitematis, metode wawancara yang merupakan metode tanya jawab secara lisan dengan sumber penlitian dan juga dokumnetasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang beruapa catatan,buku,laporan-laporan,agenda dan sebagainya.
Dalam penelitian ini, desain strategi pengengolaan pembelajaran yang digunakan adalah stretegi pengelolaan pembelajaran yang menerapkan metode diskusi dengan tujuan memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bisa mengembangkan untuk bisa memecahkan masalah secara rasional. Pelaksanaan strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi ini adalah mengabungkan empat komponen dalam strategi pengelolaan pembelajaran dengan diterapkannya metode diskusi. Motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi siswa kelas 4 di SD Islam Bani Hasyim. Dengan adanya strategi pengelolaan pembelajaran berbasis diskusi sangat meningkatkan antusias belajar siswa dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru karena dalam kondisi saat ini tepat dengan pembelajaran bebasis diskusi meski hanya secara virtual dan hal ini dihat pada antusisme para siswa dalam menerima starategi pengelolaan pembelajaran bebasis diskusi ini dalam proses pembelajaran hal ini bisa meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, Diskusi, Motivasi Belajar