Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Jiwa Leadership Siswa Kelas VIII di Mts Hidayatul Mubtadi’in Malang
Abstract
Pembentukan karakter sudah diterapkan dalam sistem pendidikan sekarang, akan tetapi masih banyak permasalahan yang menyebabkan lemahnya karakter positif di dalam dunia pendidikan. Salah satunya karakter jiwa leadership (kepemimpinan), dimana masih banyak dari kita yang kurang sadar akan pentingnya karakter jiwa kepemimpinan dalam kehidupan. Dalam lingkup pendidikan guru Akidah Akhlak menjadi fasilitator dalam pembentukan karakter jiwa kepemimpinan. Dari implementasi mata pelajaran Akidah Akhlak yang dituangkan menjadi kegiatan keagamaan di MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang dapat dijadikan sebagai strategi dalam pembentukan karakter jiwa kepemimpinan siswa.
Berdasarkan konteks penelitian yang ada, fokus penelitian yang diperoleh peneliti dalam penelitian di lapangan yaitu: 1) bagaimana desain pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk jiwa leadership siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi’in; 2) bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk jiwa leadership siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi’in; dan 3) bagaimana evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk jiwa leadership siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi’in. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan desain pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk jiwa leadership siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi’in.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa desain pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk jiwa kepemimpinan siswa yaitu menerapkan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha, mengaji dan tahlil bersama setiap pagi hari. Adapun dalam membentuk jiwa kepemimpinan siswa yaitu dengan menggunakan metode pemberian tugas untuk menjadikan siswa mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin. Sedangkan Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk jiwa kepemimpinan siswa ini sudah terlaksana. Usaha guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran akidah akhlak di Mts Hidayatul Mubtadi’in sudah dilakukan akan tetapi belum berjalan dengan optimal, masih ada dari masing-masing evaluasi belum dilaksanakan semestinya oleh guru Akidah Akhlak di Mts Hidayatul Mubtadi’in Malang.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak, Jiwa Leadership.