Model Pembelajaran Al-qur’an Hadits dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya adalah proses manusia untuk menjadi sempurna yang diridhoi oleh Allah SWT, oleh karena itu Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Pembelajaran Al-qur’an Hadits merupakan salah satu materi penunjang dalam membentuk kecerdasan spiritual dikarenakan menekankan pada perilaku siswa. Proses pembelajaran siswa berjalan dengan efektif dan efesien. Adanya variasi desain pembelajaran maka akan meningkatkan keberhasilan dan keterampilan siswa. Dan model pembelajaran yang diterapkan di SMP Wahid Hasyim Malang pada pembelajaran Al-qur’an Hadits mempunyai pendekatan khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajar agar terbentuknya kecerdasan spiritual siswa. Berdasarkan penelitian tersebut Peneliti berminat untuk meneliti lebih dalam tentang tujuan sebagai berikut: mendeskripsikan, dan menganalisis (1) Desain pembelajaran Al-qur’an Hadits dalam membentuk kecerdasan Spiritual siswa di sekolah menengah pertama Wahid Hasyim Malang (2) Proses pembelajaran Al-qur’an Hadits dalam membentuk kecerdasan Spiritual siswa di sekolah menengah pertama Wahid Hasyim Malang (3) Model pembelajaran Al-qur’an Hadits dalam membentuk kecerdasan Spiritual siswa di sekolah menengah pertama Wahid Hasyim Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Studi kasus dengan tujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai hubungan antar fenomena yang sedang diuji. Peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap pembelajaran Al-qur’an Hadits baik didalam dan diluar kelas dalam membentuk kecerdasan Spiritual siswa di SMP Wahid Hasyim. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain pembelajaran memiliki variasi rancangan pelaksanaan, Proses pembelajaran Al-qur’an Hadits yang mana dapat membentuk kecerdasan spiritual dalam program kegiatan keagamaan, proses pembelajaran diakui lebih efektif dan Model pembelajaran Al-qur’an Hadits di SMP Wahid Hasyim menggunakan model Kontekstual (CTL) model Kooperatif, dan Model pembelajaran TGT yang dapat membentuk kecerdasan spiritual siswa dalam berbagai aspek di SMP Wahid Hasyim Malang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Al-qur’an Hadits, Kecerdasan Spiritual