Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di SDI Bani Hasyim Singosari Malang
Abstract
Pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan proses belajar mengajar dilakukan secara online. Dengan diterapkannya pembelajaran online, aktivitas belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang dilakukan dengan baik di sekolah. Dengan hal tersebut, melatarbelakangi peneliti untuk meneliti dan mengkaji bagaimana pengaruh pembelajaran online terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDI Bani Hasyim Singosari Malang. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apa saja dampak pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 bagi siswa kelas V SDI Bani Hasyim Singosari Malang dan seberapa aktif proses pembelajaran melalui pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 bagi siswa kelas V SDI Bani Hasyim Singosari Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa dampak negatif pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 bagi siswa kelas V SDI Bani Hasyim yaitu pemahaman siswa terhadap materi menurun, sikap sosial siswa berkurang, siswa bergantung pada gadget dan pembelajaran tidak efektif. Kemudian adapun aktivitas belajar siswa kelas V SDI Bani Hasyim selama pembelajaran online yaitu, absensi aktif, aktif tanya jawab dan aktivitas mengumpulkan tugas. Selama pembelajaran online siswa kelas V dari segi aktivitas tidak mengalami penurunan, sama halnya dengan pembelajaran offline.
Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran Online, Aktivitas Belajar