Pengaruh Minat Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Malang
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar siswa, minat merupakan rasa ketertarikan peserta didik, terhadap kegiatan pembelajaran tanpa ada dorongan dari luar. Dengan adanya keaktifan yang ditimbulkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, maka peserta didik akan lebih cenderung memiliki rasa ketertarikan dan semangat yang tinggi dalam mengikuti proses aktivitas pembelajaran. pada saat proses pembelajaran berlangsung masih terdapat permasalahan yaitu siswa yang kurang aktif atau ikut berkontribusi dalam proses belajara mengajar, tidak mengikuti proses pembelajaran, siswa yang tidak memperhatikan guru, siswa yang kurang bersemangat, kurangnya timbal balik atau respon, masih banyak yang terkesan tidak peduli pada saat guru menjelaskan materi, kurang inisiatif untuk belajar, kurang kosentrasi dalam belajar, tidak ada kemauan dalam belajar, tidak ada ketertarikan siswa serta kurangnya perhatian dan keberhasilan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Malang?, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Regresi Linear Sederhana. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling dimana peneliti mengambil secara acak sebanyak 63 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode angket dan observasi. Uji prasyarat menggunkan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teradapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan keaktifan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Malang. Dilihat sari uji Regresi Linear sederhana yang menunjukkan nilai t= diketahui nilai thitung sebesar 4,314 > ttabel 4,467. Sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadup variabel Y.
Kata Kunci: Minat Belajar, Keaktifan Belajar