Optimalisasi Literasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu As-Salam Kota Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Maulana, Ach Faiq
dc.date.accessioned 2022-09-19T02:13:47Z
dc.date.available 2022-09-19T02:13:47Z
dc.date.issued 2022-08-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5312
dc.description.abstract Problem kesadaran membaca di kalangan masyarakat Indonesia cukup memprihatinkan. Hal ini disebabkan beragam problem kompleks, mulai dari lingkungan seorang remaja yang tidak mendukung, hingga masalah-masalah sosial maupun masalah pada kesetaraan maupun pemerataan akses pendidikan di Indonesia. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) digalakkan dalam rangka mengatasi hal tersebut, dalam konteks pembelajaran pendidikan Islam juga demikian, Gerakan literasi sekolah menjadi bagian inheren dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan optimalisasi literasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu As-Salam Kota Malang; 2) Untuk menjelaskan pelaksanaan optimalisasi literasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu As-Salam Kota Malang; 3) Untuk menguraikan hasil dan evaluasi optimalisasi literasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu As-Salam Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif informasi penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam (indepth interview), observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan elemen-elemen sekolah seperti kepala sekolah, TU (Tata usaha sekolah), Guru pendidikan agama Islam, dan beberapa peserta didik. Observasi/pengamatan dilaksanakan terhadap berbagai pelaksanaan pembelajaran berbasis gerakan literasi sekolah, strategi guru hingga penggunaan media pembelajaran (cetak maupun online) dokumentasi dilakukan terhadap dokumen-dokumen sekolah, dan pengambilan gambar di lapangan lalu peneliti menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan literasi di sekolah ditunjukkan dengan perhatian sekolah terhadap aspek fasilitas fisik dan non-fisik, sedangkan dalam konteks pembelajaran hal yang sama dilaksanakan berdasarkan prinsip media literasi dan media pembelajaran literasi; 2) dalam pelaksanaannya kesadaran literasi tercermin melalui tiga klasifikasi, yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran; 3) Hasil menunjukkan bahwa optimalisasi literasi memberikan implikasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan kemampuannya menerapkan prinsip penyaringan (kurasi) dalam informasi literasi, evaluasi dilihat berdasarkan ruang ekspresi prestasi literasi yang masih sedikit dan perlu dikembangkan kembali. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Gerakan Literasi, Optimalisasi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Gerakan Literasi en_US
dc.subject Optimalisasi en_US
dc.title Optimalisasi Literasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu As-Salam Kota Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account