Korelasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari
Abstract
Nana Sujana menjelaskan bahwa keberhasilan belajar seorang siswa tergantung pada dua faktor utama pertama, faktor internal siswa sangat erat kaitannya dengan psikologi seperti minat dan motif. Kedua faktor eksternal meliputi lingkungan, kurikulum, guru, metode pengajaran, dan fasilitas pendukung lainnya, namun kedisiplinan merupakan salah satu kunci keberhasilan. Orang yang paling sukses adalah orang yang disiplin. (Sudjana, 1995).
Alquran merupakan pedoman umat islam. Ayat yang pertama kali turun adalah perintah untuk membaca. Dalam membaca ada dua aspek yang saling berhubungan dan merupakan sesuatu yang pasti ada yaitu membaca dan objek yang dibaca. Secara tidak sadar kita telah menggerakan otak kita untuk melatih konsentrasi dan keseimbangan.
Ketika peserta didik belajar membaca Al-Qur’an hakikatnya peserta didik juga belajar disiplin. Disiplin membaca mad, dengung dan sebagainya. Maka tidak menutup kemungkinan siswa yang mampu membaca Alqur’an sesuai indikator membaca Alquran dengan baik dan benar, siswa juga mampu menaati peraturan baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, atau lingkungan sosial lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara kemampuan membaca Alquran dengan kedisiplinan siswa kelas VII di Mts Hasyim Asy'ari. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan kepada 65 sample siswa kelas VII di Mts Hasyim Asy'ari.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk di jawabnya.
Berdasarkan Hasil uji analisis deskriptive kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII Mts Hasyim Asy’ari memiliki nilai rata-rata 36,85 dari nilai maksimal 50 menunjukkan bahwa kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII Mts Hasyim Asy’ari masuk kategori cukup. Sedangkan kedisiplinan siswa memiliki nilai rata-rata 37,77 dari nilai maksimal 50 menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas VII Mts Hasyim Asy’ari masuk kategori cukup.
Berdasarkan hasil uji r menggunakan rumus product moment analisis koefisien determinasi (R Square) terdapat pengaruh variabel bebas yaitu kemampuan membaca Alquran (x) terhadap variabel terikat yaitu kedisiplinan siswa kelas VII di Mts Hasyim Asy'ari (y) sebesar 8,94%. Menunjukan bahwa ada pengaruh akan tetapi lemah atau rendah yaitu sebesar 8,94% yang mana sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengajuan hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha yaitu ada korelasi antara kemampuan membaca Alquran dengan Kedisiplinan siswa, yakni sebesar 8,94 %.
Kata Kunci : Korelasi, Kemampuan Membaca Alquran, Kedisiplinan Siswa