Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas Delapan di SMPN 03 Pujon Satu Atap
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan suatu strategi pendidikan untuk melatih anak didiknya yang sedemikian rupa. Agama sangat berperan dalam pembentukan perilaku anak, sehingga pembentukan pribadi anak membaur sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak, memerlukan pendidikan dengan persyaratan-persyaratan tertentu dan pengawasan serta pemeliharaan yang terus menerus sehingga pelatihan dasar dalam pembentukan kebiasaan dan sikap memiliki kemungkinan untuk berkembang secara wajar dalam kehidupan dimasa mendatang. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi yang baik adalah yang diharapkan ada pada diri setiap anak didik. Akhlak merupakan cerminan dan iman yang mencakup dalam segala bentuk perilaku.
Skripsi ini membahas Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMPN 03 Pujon Satu Atap, Kendala Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Akhlak siswa dan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kendala dalam membentuk Akhlak siswa. Hal ini dilakukan agar siswa menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlakul karimah.
Penulis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi, data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perencanaan, pelaksanaan serta hasil yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa kelas delapan di SMPN 03 Pujon Satu Atap.
Perencanaan dalam pembelajaran ketika membentuk akhlak siswa yakni perencanaan yang menggunakan aplikasi pembelajaran seperti RPP. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajarannya dalam membentuk akhlak siswa yang ada di SMPN 03 Pujon Satu Atap adalah pembiasaan keagaaman, pembiasaan tersebut telah ada disekolah tersebut sebelum adanya penelitian ini. Pembiasaan tersebut yakni melakukan sholat dhuha serta membaca yasin sebelum adanya pembelajaran yang dilakukan diaula sekolah. Pembiasaan dilakukan secara terpisah antara perempuan dan laki-laki.
Untuk hasil dalam membentuk akhlak siswa yakni bertambahnya wawasan serta kewaspadaan guru kepada para peserta didik agar tidak terjerumus pada hal yang tidak diinginkan.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Guru PAI, Akhlak Siswa