Analisis Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Pada Tongs Media
Abstract
Meningkatnya pengguna internet serta sosial media menjadikan
peluang besar bagi pelaku bisnis, pelaku bisnis maupun UMKM diharuskan
untuk ikut memanfaatkan sosial media dalam memasarkan produknya. Hal
tersebut menjadikan peluang Tongs Media yang bergerak sebagai
penyedia jasa digital marketing bagi UMKM, maka pada penelitian ini akan
dilakukan analisis SWOT untuk membantu merumuskan strategi yang tepat
untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui serta menjelaskan tentang pengembangan sistem informasi
berbasis digital marketing (website) sebagai media penjualan jasa di Tongs
Media dengan ditinjau dari analisis SWOT.
Jenis penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hasil analisis SWOT yang telah
dilakukan dapat dijelaskan bahwa faktor kekuatan lebih besar dibandingkan
dengan faktor kelemahan yang dimiliki sistem informasi pemasaran
berbasis website dan faktor peluang juga lebih besar bila dibandingkan
dengan faktor ancaman. Sehingga dari penelitian ini terdapat temuan yakni
memperoleh strategi untuk memanfaatkan kelebihan serta menghindari
kerugian untuk dapat bersaing dengan kompetitor