Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kafe Di Kec. Lowokwaru Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kafe. Populasi penelitian ini adalah pemilik kafe yang berada di kecamatan Lowowaru Kota Malang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga disesuaikan oleh peneliti menjadi 62 responden. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan teknik kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selanjutnya inovasi produk juga mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Begitu juga dengan keunggulan bersaing juga berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hal tersebut menggambarkan bahwa dengan adanya jiwa yang berorientasi kewirausahaan pada pemilik kafe mampu membuat mereka selalu berfikir kreatif dan inovatif baik dalam pengembangan produk maupun pelayanan yang terbaik dan selalu mengedepankan tren.