Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Matematika pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Lutfiyah, Lina Rosvalia
dc.date.accessioned 2022-09-21T02:23:21Z
dc.date.available 2022-09-21T02:23:21Z
dc.date.issued 2022-08-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5439
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan literasi matematika karena kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan untuk lebih membantu peserta didik memahami materi yang akan disampaikan oleh pendidik. Salah satu upaya untuk meningkatkan berpikir kritis dan literasi matematika peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian true experimental dan jenis penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang terpilih dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA C sebagai kelas eksperimen dan XI IPA B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdapat 25 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pada peserta didik kelas XI IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada perbedaan yang signifikan (p-value = 0,001) antara kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving (72,52 ± 7,160) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (66,00 ± 6,298), (2) ada perbedaan yang signifikan (p-value = 0,000) antara kemampuan literasi matematika peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving (69,40 ± 6,976) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (62,60 ± 5,091). Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Literasi Matematika. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject Pendidikan Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Creative Problem Solving en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Kemampuan Literasi Matematika en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Matematika pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account