Show simple item record

dc.contributor.authorLutfiyah, Lina Rosvalia
dc.date.accessioned2022-09-21T02:23:21Z
dc.date.available2022-09-21T02:23:21Z
dc.date.issued2022-08-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5439
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan literasi matematika karena kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan untuk lebih membantu peserta didik memahami materi yang akan disampaikan oleh pendidik. Salah satu upaya untuk meningkatkan berpikir kritis dan literasi matematika peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian true experimental dan jenis penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang terpilih dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA C sebagai kelas eksperimen dan XI IPA B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdapat 25 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pada peserta didik kelas XI IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada perbedaan yang signifikan (p-value = 0,001) antara kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving (72,52 ± 7,160) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (66,00 ± 6,298), (2) ada perbedaan yang signifikan (p-value = 0,000) antara kemampuan literasi matematika peserta didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving (69,40 ± 6,976) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (62,60 ± 5,091). Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Literasi Matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Creative Problem Solvingen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectKemampuan Literasi Matematikaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Matematika pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record