View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pembentukan Life Skill Siswa Melalui Standar Kecakapan Kader Ulama (SKKU) Di Madrasah Aliyah Al Ma'arif Singosari Malang

Thumbnail
View/Open
FULL TEXT Nur Jazah Anil Khusna_22002011023.pdf (3.522Mb)
S2_PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22002011023_NUR JAZAH ANIL KHUSNA.pdf (2.296Mb)
Date
2022-07-25
Author
Khusna, Nur Jazah Anil
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hambatan pembentukan life skill siswa melalui Standar Kecakapan Kader Ulama (SKKU) di MA Almaarif Singgosari, Malang. Penelitian ini berangkat dari beberapa fenomena yaitu pertama adalah kenakalan remaja semakin meningkat dengan hilangknya akhlak beragama maupun berperilaku, kedua adalah kurangnya kecakapan remaja baik pribadi, konigtif dan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada skill ubudiyah yang di bentuk kepada siswa, baik konigtif, pribadi dan sosial. Pendidikan pertama yang ditanamkan adalah pengetahuan keislaman, karena sangat kuat korelasi antara kecakapan, keimanan dan akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kualitatif dengan studi kasus diandalkan sebagai ekslorasi mendalam menganai fokus penelitian yang terjadi hanya di tempat penelitian. Data yang digunakan ada dua yaitu primer dengan melalui wawancara, angket dan sekunder dengan kajian literature serta dokumen. Hasil penelitian ini di dapat strategi yang digunakan guru mata pelajaran keagamaan Islam ada beberapa yaitu: Strategi penyusunan kurikulum dan Standar Kompetensi Kader Ulama (SKKU), Strategi Implementasi atau pelaksanaan, dan Strategi evaluasi. Strategi penyusunan kurikulum dan Standar Kompetensi Kader Ulama (SKKU) disusun berdasarkan integrasi antara regulasi nasional permendiknas, kemenag dan kurikulum lokal atau kearifan lokal. Sedangkan strategi Implementasi atau pelaksanaan dijalankan tertruktur dan di imbangi dengan praktik, dan terakhir adalah evaluasi yang dilakukan berkala bulan, semester sampai setiap tahun dan melibatkan orang tua wali. Dalam melakukan pembentukan life skill ini ada beberapa hambatan yaitu: beban kerja guru yang berlebih dan banyak dihabiskan dengan administrative; siswa yang memiliki motivasi rendah dan orang tua wali yang tidak maksimal dalam mengontrol siswa ketika di rumah atau pesantren.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5533
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group