Kepemimpinan Kependidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang
Abstract
Kepemimpinan harus mampu mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah dalam rangka mewujudkan visi dan misi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu, kepemimpinan harus mampu menghadapi berbagai persoalan di sekolah, berpikir secara analitik dan konseptual dan harus senantiasa berusaha untuk menjadi guru penengah dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapai oleh para tenaga kependidikan yang menjadi bawahannya, serta berusaha untuk mengambil keputusan yang memuaskan bagi semua.
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan yang berada di Sekolah Brawijaya Smart School, untuk mengetahui tipe kepemimpinan kependidikan di Sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang dalam meningkatkan kualitas Pendidikan yang ada di Lembaga sekolah, untuk mengetahui sistem yang dilakukan pemimpin dalam mingkatkan kualitas Pendidikan yang ada di Sekolah, dan model yang sudah direncanakan pemimpin dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang merupakan proses penelitian untuk menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seseorang dan perilaku yang di wawancarai oleh peneliti. Peniliti mewawancarai Kepala Sekolah dan staf di Sekolah, dengan Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi oleh peneliti, yaitu mengamati berbagai kegiatan dan peristiwa yang terjadi di sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang, dan di lingkungan sekolahan, metode wawancara yaitu dengan menggunakan system tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu suatu Teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen yang ada. Teknik analisis data yaitu proses penelaahan dan penyusunan secara sistematis semua catatan lapangan hasil pengamatan, transkip wawancara, dan bahan-bahan lainnya yang dihimpun untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman mengenai data tersebut.
Hasil temuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang, seorang pemimpin yang sangat mengedepankan kedisiplinan, sopan santun, dan pemimpin yang demokratis mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, hal ini tentu saja sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban sebagai seorang pemimpin dalam menjadikan kualitas pendidikan yang baik di sekolahan. Dan pemimpin juga mencontohkan kedisiplinan yang sangat baik sebagaimana agar dapat dicontoh oleh peserta didik dan tenaga kerja lainya. Pemimpin juga sangat merangkul kepada karyawan lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang baik, pemimpin di Sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang juga sangat terbuka kepada warga sekolah.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kependidikan, Kualitas Pendidikan