Analisa Strategi Pengembangan Agrowisata Jambu Kristal Studi Kasus di “Agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera” Kota Batu, Jawa Timur

Show simple item record

dc.contributor.author Carvalho, Fidelino
dc.date.accessioned 2022-10-20T04:04:56Z
dc.date.available 2022-10-20T04:04:56Z
dc.date.issued 2022-06-02
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5702
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisa faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal pada agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera, 2) untuk meganalisa posisi agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera dalam pengelolaan agrowisata petik jambu kristal 3) untuk merumuskan strategi pengembangan agrowisata yang tepat pada agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera. Penelitian ini dilaksanakan di agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera, Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur pada bulan Maret sampai bulan Mei tahun 2022. Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara melalui kuisioner. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah informan kunci (key informan) yaitu pemilik perusahaan dan manajer agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera, serta pegawai dari UD. Bumiaji Sejahtera dan juga wisatawan yang berkujung ke agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera. Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan mengunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, analisa SWOT dan analisis QSPM. Hasil analisa data matriks IE menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I, yaitu (growth and build) tumbuh dan kembangkan. Hasil analisis SWOT menghasilkan sembilan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera. Berdasarkan hasil analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) bahwa strategi yang paling menarik adalah strategi W-T dengan jumlah total TAS sebesar 6,58 yaitu meminimalkan kelemahan dengan membuat berbagai inovasi, dan meningkatkan promosi yang berkelanjutan agar dapat menarik perhatian wisatawan akan inovasi jenis atraksi dan objek wisata yang beragam meskipun daya tarik wisatawan saat ini menurun terhadap kegiatan wisata karena adanya wabah pandemi kovid-19. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Agrowisata, UD. Bumiaji Sejahtera en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pertanian en_US
dc.subject Agribisnis en_US
dc.subject Strategi Pengembangan Agrowisata en_US
dc.subject UD. Bumiaji Sejahtera en_US
dc.title Analisa Strategi Pengembangan Agrowisata Jambu Kristal Studi Kasus di “Agrowisata UD. Bumiaji Sejahtera” Kota Batu, Jawa Timur en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account