dc.description.abstract | Sayur hidroponik merupakan sayuran yang banyak di kembangkan di daerah perkotaan karena hidroponik merupakan system pertanian yang simple dan tidak terlalumembutuhkan tempat yang banyak. Banyak metode pertanian sayur yang di gunakan di Indonesia. Selain pertanian organic juga terdapat budidaya sayur dengan metode budidakber. Sayuran merupakan salah satu komoditas yang sangat di butuhkan masyarakat Indonesia selain beras di karenakan banyaknya manfaat yang ada di dalamsayur tersebut untuk lebih menyehatkan.
Penelitian ini bertujuan: 1. Mendiskripsikan mengetahui karakteristik konsumen sayur hidroponik, 2. Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sayur hidroponik.
Penelitian ini mengunkan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data skunder yang diproleh dari literatur yang memiliki sumber jelas. Tempat penelitian ini dipilih dengan sengaja (purposive) di Harvets Queen Kota Batu, Desa Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Didasarkan karena merupakan salah satu tempat usaha pertanian Hidroponik yang memasarkan produknya melalui online dan offline. Penelitian ini dilakukan bulan Novemveber 2021 sampai Januari 2022. Sampel pada penelitian ini adalah Konsumen yang melakukan pembelian di Harvest Queen. Penentuan sampel ini mengunakan teknik lemeshow. Sehingga responden yang didapat adalah 96 responden yang diambil dari penyebaran kuisioner. Analisis data yang digunakan mengunakan analisis data deskriptif untuk mendiskripsikan karakteristik konsumen. Untuk analisis kedua yakni mengunakan metode analisis model regresi logistic yang digunakan sebagai analisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sayur hidroponik di Harvest Queen Kota Batu.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang mengkaji Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayur Hidroponik Pada Produk Romain dapat diketahui bahwa:
1. Karakteristik Karakteristik konsumen berdasarkan umur yaitu rata-rata umur 36- 55 tahun sebanyak 60 orang (62,5%), berjenis kelamin pria sebanyak 68 orang (70,8%), status menikah sebanyak 76 orang (79,2%), pendidikan rata-rata SMA Sederajat sebanyak 72 orang (75%), dan dengan pendapatan rata-rata Rp 3,1 – Rp 4 juta sebanyak 51 orang (53,1%).
2. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan kpnsumen dalam membeli produk sayur hidroponik di Harvest Queen di Batu adalah variabel Harga dengan nilai (Sign= α) sebesar 0,05. Dan nilai probabilitas (Exp B) sebesar 0,397, variabel Kualitas dengan nilai (Sign= α) sebesar 0,097 dengan nilai Exp B sebesar 0,060, variabel Promosi dengan nilai
(Sign= α) pada sebesar 0,082 dengan nilai Exp B sebesar 0,035, dan variabel Pendapatan dengan nilai (Sign= α) pada sebesar 0,040) dengan nilai Exp B sebesar 0,180. Sedangkan variabel Umur dengan nilai (Sign= α) sebesar 0,348 (lebih besar dari α = 0,1), variabel Place dengan nilai (Sign= α) sebesar 0,785 (lebih besar dari α = 0,1) dan Pendidikan dengan nilai (Sign= α) sebesar 0,305 (lebih besar dari α = 0,1) tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sayuran Hidroponik di Harvest Queen
Penelitian yang telah dilakukan, maka ada beberapa hal yang dapat peneliti berikan sebagai saran, antara lain sebagai berikut:
1. Harga sayur hidroponik Relatif Stabil, sehingga kedepanya untuk lebih memperhatikan harga dengan kenaikan yang wajar dan tidak memberatkan konsumen atau yang sudah berlangganan lebih lama,
2. Kualitas pada sayur hidroponik masih dianggap sedang oleh konsumen, sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas produk dengan terobosan perawatan lebih intensif terhadap produk sayur hidroponik,
3. Berdasarkan di tempat penelitian, masih kurangnya kegiatan promosi produk, sehingga untuk kedepanya lebih meningkatkan promosi mengenai keunggulan yang dimiliki oleh produk Sayur Hidroponik konsumen,
4. Berdasarkan di tempat penelitian, Pendapatan menjadi salah satu faktor untuk mengambil keputusan pembelian, sehingga untuk kedepanya mengenai harga untuk bisa menyesuaikan harga konsumen tanpa ada kerugian di antara konsumen dan produsen,
5. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel penelitian lain yang dapat berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian, karena pada dasarnya keputusan konsumen untuk membeli produk yang dipengaruhi banyak faktor, baik faktor internal dari dalam diri konsumen.
Kata Kunci : Keputusan Konsumen, Pembelian Sayur Hidroponik, Produk Romain | en_US |