dc.description.abstract | Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Maka dari itu, kemampuan pemecahan masalah menjadi hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa. Salah satu materi yang berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah adalah materi bangun ruang sisi datar. Materi bangun ruang sisi datar dalam penelitian ini adalah kubus dan balok. Kemampuan pemecahan masalah ini dipengaruhi oleh faktor psikologis yang salah satunya adalah self-esteem. Self-esteem matematis dalam penelitian ini didefinisikan sebagai penilaian siswa terhadap kemampuan, keberhasilan, dan kemanfaatan diri mereka dalam menyelesaikan soal matematika. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari self-esteem.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket self-esteem, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang dipilih berdasarkan skor angket self-esteem tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles and Hubberman. Kemudian, tahap keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, dimana peneliti membandingkan hasil angket tes dan wawancara terhadap sumber yang sama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 3 subjek yang dipilih, siswa dengan self-esteem tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sangat baik dengan tercapainya semua indikator. Sedangkan siswa dengan self-esteem sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang cukup baik dengan tercapainya tiga dari empat indikator. Kemudian siswa dengan self-esteem rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang baik dengan tercapainya satu dari empat indikator. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk mampu mengembangkan penelitian pada subjek yang lebih banyak lagi dan memperdalam faktor penyebabnya pada materi yang berbeda.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Self-Esteem, Bangun Ruang Sisi Datar, Kubus, Balok. | en_US |