Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV MI Nurul Ulum Arjosari Kota Malang
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui jenis motivasi belajar peserta didik, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, serta upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik MI Nurul Ulum Arjosari Kota Malang.
Pengumpulan data penelitian menggunakan metode, wawancara dan dokumentasi. Demikian juga analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yakni menginterprestasikan dengan penjelasan-penjelasan deskriptif menjadi kesimpulan terkait upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MI Nurul Ulum Kota Malang.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa motivasi instrinsik yang dimiliki oleh peserta didik di MI Nurul Ulum Arjosari Kota Malang adalah dorongan atau minat yang berasal dari peserta didik itu sendiri, sedangkan motivasi ekstrinsik yang dimiliki oleh peserta didik dihasilkan oleh ragsangan dari luar yang berasal dari adanya perhatian yang diberikan oleh guru melalui adanya ulangan harian dan remidi sebagai tambahan dan perbaikan nilai. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik di MI Nurul Ulum Arjosari adalah minat awal peserta didik pada saat masuk madrasah, kondisi jasmani dan rohani, kecemasan dalam suasana pembelajaran dikelas, dan pengaruh negarif dari teman sepermainan disekolah juga membawa pengaruh negatif kepada peserta didik lain agar dapat mengikuti tindakan yang dapat menurunkan prestasi belajar. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Nurul Ulum Arjosari adalah dengan memperjelas tujuan yang ingin dicapai sebelum proses pembelajaran, menggunakan metode dan kegiatan pembelajaran yang beragam, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membimbing dan mendukung peserta didik dalam belajar, memberikan bantuan kepada peserta didik yang perlu diberikan tambahan pembelajaran secara intensif, memberikan ulangan harian dan remidi sebagai perbaikan nilai, serta memberikan penghargaan atas usaha yang telah dilakukan oleh peserta didik.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa.