Penerapan Metode Tahqiq dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MI Al-Qur’an Singosari
Abstract
Sudah menjadi kodrat manusia bahwasannya manusia itu sejak dilahirkan ke dunia ini telah membawa fitrahnya sebagai makhluk yang berbeda dengan makhluk ciptaan yang lainnya. Karena Setiap peserta didik hadir dengan beberapa keunikannya masing-masing, dengan beberapa karakter yang berbeda-beda. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia beranggapan bahwa seorang peserta didik yang memiliki prestasi dibidang akademik maka anak itu adalah anak yang cerdas, karena bagi mereka keberhasilan seorang peserta didik dilihat dari jenjang pendidikan formalnya.Sehingga dari sini memang benar adanya, bahwasannya pendidikan merupakan suatu usaha guna untuk meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Dari beberapa pendidikan yang telah diberikan kepada peserta didik sekolah dasar ada salah satu aspek pendidikan agama yang kurang diperhatikan oleh orangtua yaitu pendidikan membaca Al-Qur’an
Melihat perkembangan dari peserta didik khususnya di jenjang Sekolah Dasar yang masih sangat kurang dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya dengan fasih dan benar. Untuk itu pembelajaran Al-Qur’an sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik formal maupun non formal untuk anak sekolah dasar. Sehingga dari situ MI Al-qur’an Singosari bersepakat untuk mencari metode yang paling tepat untuk digunakan sebagai penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an yakni dengan menggunakan metode Tahqiq. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini.
Adapun fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di MI Al-Qur’an Singosari? (2) Bagaimana penerapan metode Tahqiq dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MI Al-Qur’an Singosari? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran baca al-qur’an di MI Al-Qur’an Singosari?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MI Al-Qur’an Singosari (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Tahqiq dalam pembelajaran baca tulis Al- Qur’an di MI Al-Qur’an Singosari (3) Untuk mengetahui faktor penduung dan penghambat dalam pembelajaran baca al-qur’an di MI Al-Qur’an Singosari.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data yang didapatkan dari data primer yaitu kepala sekolah, salah satu guru, dan siswa, wali murid. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku tentang profil madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, triangulasi dan mengadakan member chek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis al-qur’an siswa sudah tepat dilihat dari: 1) Ketepatan Makhorijul Huruf dalam Pembelajaran Baca Tulis al-qur’an 2) Ketepatan Tajdwid dalam Pembelajaran Baca Tulis al- qur’an 3) Kelancaran dan Tartil dalam Pembelajaran Baca Tulis al-qur’an, adapun penerapan metode tahqiq dalam pembelajaran baca tulis al-qur’an meliputi: 1) durasi waktu pembelajaran 30-40 menit untuk muroja’ah dan menulis huruf hijaiyah serta setoran hafalan 2) kompetensi dan target, adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tahqiq. Pendukung 1) orang tua 2) siswa
3) sarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu: 1) latar belakang orang tua 2) karakter siswa.
Kata Kunci: Tahqiq, Baca, Tulis