Strategi Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring)
Abstract
Kerjasama dalam sebuah pendidikan sangat penting. Kerjasama tersebut melibatkan banyak komponen, seperti guru, siswa, kepala sekolah dan sebagainya. Bahkan yang tidak dapat dipungkiri lagi, kerjasama yang paling kuat adalah kerjasama antar guru dan keluarga. Dalam lingkungan keluarga yang paling penting adalah orang tua. Kerjasama orang tua dengan masyarakat perlu diusahakan, agar terciptanya lingkungan pembelajaran yang kondusif dan menyesuaikan program yang tertuang dalam kurikulum di sekolah dengan lingkungan anak di rumah. Kerjasama yang efektif dan komunikasi dengan orang tua sangat diperlukan dalam kepentingan dan perkembangan anak. Orang tua perlu mengetahui keadaan anak mereka dari unsur sekolah, dan manfaat bagi guru adanya komunikasi dengan wali murid, yang salah satunya untuk memenuhi perilaku anak selama di rumah dari masukan orang tua siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kerjasama guru dan orangtua dalam meningkatkan pembelajaran dalam jaringan, serta peningkatan pembelajaran dalam jaringan Di MI Assalam Batu.
Dengan menggunakan populasi seluruh guru di MI Assalam Batu, tercatat sebanyak 15 dijadikan sebagai populasi. Kemudian diambil sampel sebanyak 3 guru dengan teknik purposive sampling dengan kriteria 3 guru yang mengajar kelas 2 sampai kelas 4. Teknik dalam penelitian ini menggunakan wawancara untuk memperoleh data dan kemudian diolah.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan perlu adanya 3 langkah yang dilakukan oleh guru dan orangtua yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan kemudian evaluasi agar memonitoring kemampuan siswa secara maksimal.
Kata Kunci: Strategi, Kerjasama, Guru, Orang tua