Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Efektif di Sekolah Dasar Negeri Klampok 02 Singosari
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak pernah dipisahkan oleh siapapun itu juga, merupakan salah satu hal yang sangat penting diera seperti ini untuk kehidupan manusia. Disamping itu Pendidikan ialah suatu aspek yang memiliki peranan yang sangat pokok dalam membentuk suatu kepribadian generasi muda yang cemerlang dimasa yang akan datang. Dengan melalui Pendidikan inilah nantinya semua manusia dapat belajar, untuk menghadapi berbagai problematika serta permasalahan hidup yang akan dihadapinya, baik pada masa sekarang maupun dimasa yang akan Dalam dunia Pendidikan menegaskan bahwa dalam menata lingkungan belajar dikelas yang menarik minat dan menunjang siswa dalam pembelajaran erat kaitannya dengan keadaan lingkungan fisik kelas, pengaturan ruangan, pengelolaan siswa dan pemanfaatan sumber belajar, pajangan kelas, dan lain sebagainya. Kelas belajar harus bersih, tempat duduk di tata sedemikian rupa agar anak bisa melakukan aktivitas belajar dengan bebas. Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru sebagian besar terjadi dalam kelas yakni membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal yang berhubungan dengan bakat dan minatnya. Guru harus senantiasa bisa mengelola kelas agar suasana kelas menjadi efektif.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pola interaksi, suasana belajar yang efektif dan faktor mempengaruhi pola interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa di SDN Klampok 02 Singosari.Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu mengamati, wawancara yaitu mencari informasi dengan tanya jawab, dan metode dokumentasi yaitu mengenai hal-hal yang berupa foto, catatan, agenda dan lain-lain.
Dalam penelitian ini, Pola interaksi yang terjadi antara Guru dan Siswa dalam menciptakan suasana belajar yang efektif adalah pola interaksi menerapkan peranan guru dalam mengajar siswa dan mengendalikan suasana belajar siswa.
Dan berdasarkan pengamaktan didapatkan hasil temuan penelitian yaitu a) pola interaksi guru dengan siswa yang ada di SD Negeri Klampok hanya menggunakan pola interaksi 1 (satu) arah dan pola interaksi 2 (arah). b)suasana belajar yang efektif dibuktikan dengan terjalinnyapola interaksi antar siswa antara lain; siswa berani menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh guru, c) faktor yang mempengaruhi pola interaksi guru dengan siswa pandangan guru kelas mengenai beberapa faktor yaitu; faktor internal guru,siswa faktor materi pembelajaran,faktor media pembelajaran dan faktor situasi atau suasana pembelajaran. D)untuk meningkatkan pembelajaran efektif yang terjadi di SD Negeri Klampok 02 pola interaksinya dengan cara menerapkan peranan guru dalam mengajar siswa dan mengendalikan suasana belajar siswa
Upaya yang mendukung permasalahan diatas yakni adanya dukungan dari semua pihak, intansi pemerintah,guru, siswa, masyarakat. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu dengan adanya pola interaksi guru dan siswa dalam menciptakan suasana belajar yang efektif ini mampu mempertahankan pola interaksi yang ada dan meningkatkan efektivitas belajar siswa dengan menambah media pembelajaran, metode pembelajaran serta lebih aktif lagi dalam berinteraksi dengan siswa.
Kata Kunci : Pola Interaksi, Guru dan Siswa, Pembelajaran Efektif