Penerapan Joyful Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTS Yaspuri
Abstract
Pembelajaran cerita fantasi merupakan salah satu pembelajaran utama dalam kurikulum 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya ketrampilan dan motivasi belajar menulis teks cerita fantasi yang benar. Hal ini terlihat dari data pratindakan yang dilakukan pada siswa kelas VII MTS YASPURI, untuk mengatasi hal ini peneliti menerapkan pembelajaran joyful learning dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dari siswa dalam menulis cerita fantasi kelas VII MTS YASPURI.
Fokus penelitian untuk mengatasi permasalahan diatas adalah “Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran joyful learning dalam mengembangkan kreatifitas dan motivasi belajar menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTS YASPURI?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penggunaan model pembelajaran joyful learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII MTS YASPURI. Hipotesis yang diajukan adalah “penerapan joyful learning dalam mengembangkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTS YASPURI”.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan penerapan joyful learning dapat mempengaruhi dan meningkatkan kreatifitas dan minat belajar siswa tentang menulis teks ceriita fantasi. Hal ini dapat dilihat dari data siklus I yaitu dari 76,8% siswa dapat menulis cerita fantasi menjadi 80,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran joyful learning mampu mempengaruhi dan meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTS YASPURI.