Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai bentuk Tindak Tutur AsertifGuru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesiadi Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Fungsi Tindak Tutur AsertifGuru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesiadi Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. dan Strategi Tindak Tutur AsertifGuru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesiadi Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Di sebut studi kasus karena peneliti berusaha mengkaji kasus khusus berdasarkan karekteristik guru bahasa Indonesia di sekolah inklusi. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti, yaitu dengan cara pengumpulan data dan menganalisis data. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar siswa-siswi inklusi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Adapun teknik analisis data meliputi mentranskipkan data (dari hasil yang sudah direkam dan ditulis sendiri), klasifikasi data, penafsiran dan penarikan kesimpulan.