Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha di Masa Pandemi (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha terhadap minat mahasiswa berwirausaha di masa pandemi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2018 dan 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data yang diperoleh sebanyak 105 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS 25. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan metode yang meliputi analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis (uji uji simultan, uji koefisien determinasi, uji parsial).
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan motivasi berwirausaha secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa program studi akuntansi di Universitas Islam Malang.
Kata Kunci : Minat Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha