PENGEMBANGAN METAKOGNITIF UNTUK MENDUKUNG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIPA DALAM PARADIGMA MEMBANGUN KARAKTER PEMBELAJARNYA
Abstract
Strategi metakognitif adalah suatu kesadaran tentang aspek kognitif,
bagaimana aspek kognitif bekerja serta bagaimana mengaturnya. Kemampuan
metakognitif diperlukan untuk efisiensi penggunaan aspek kognitif dalam
menyelesaikan masalah. Kemampuan metakognitif telah berkembang sejak
masa anak-anak seiring dengan peningkatan kemampuan kogntifnya.
Kemampuan metakognitif ini berperan penting dalam kegiatan belajar,
misalnya memecahkan masalah dalam aktivitas membaca dalam pembelajaran
bahasa. Pembelajar dapat menggunakan strategi metakognitif dalam
pembelajaran yang meliputi merancang apa yang hendak dipelajari, memantau
perkembangan diri dalam belajar, dan menilai apa yang dipelajari. Karya sastra
sangat potensial dimanfaatkan sebagai bahan ajar BIPA. Dari karya sastra
seorang pembelajar BIPA dapat memperoleh (1) bahan berharga tentang
kekayaan budaya yang otentik; (2) pengayaan budaya; (3) pengayaan bahasa;
dan (4) pengembangan pribadi. Bahan ajar dan strategi penanaman karakter
dalam pembelajaran BIPA perlu disesuaikan dengan tujuan akhir dari proses
belajar-mengajar, yaitu agar pembelajar BIPA memiliki dan menerapkan nilainilai kebajikan yang dipelajarinya. Untuk meningkatkan kemampuan
metakognitif pembelajar BIPA, pengajar dapat merancang pelatihan strategi
metakognitif secara infusi dalam pembelajaran BIPA.