Peran Pondok Pesantren Hidayatuth Tholibin dalam Peningkatan Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat Dawuhan Malang
Abstract
Pondok Pesantren merupakan lembaga syiar agama Islam yang telah ada sejak zaman penjajahan Indonesia. Sebagai Lembaga tafaqquhfiddin yaitu tempat mendalami agama. Pondok pesantren Hidayatuth Tholibin telah memiliki peran yang sangat penting pada masyarakat Dawuhan yang dapat memegang kendali penting dalam tatanan masyarakat dan hubungan pada kehidupan manusia. Kehadiran pondok pesantren Hidayatuth Tholibin sangat berpengaruh ditengah masyarakat sehingga keberadaanya sangat mengakar dan berpengaruh didalam berperilaku ramah lingkungan, dan memperlakukan lingkungan sesuan dengan tuntutan Al-Qur’an dan Hadits.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran Pondok Pesantren Hidayatuth Tholibin dalam Peningkatan Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat Dawuhan Malang, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan progam pendidikan agama Islam pada masyarakat Dawuhan Malang.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Peneliti sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data, dan peneliti sebagai pelapor hasilnya. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dari Miles and Haberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan pondok pesantren Hidayatuth Tholibin dalam peningkatan pendidikan agama Islam yaitu sangat baik. Lingkungan masyarakat Dawuhan menerima dan mendukung sepenuhnya dengan peranan pendidikan agama Islam yang telah dilakukannya. Disamping itu pondok pesantren Hidayatuth Tholibin juga berperan dalam mencerdaskan bangsa terutama masyarakat disekitar pondok, sehingga pondok pesantren Hidayatuth Tholibin terus bertahan dan selalu istiqomah dalam melakukan dakwah di jalan Allah.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Pendidikan Agama Islam, Masyarakat