Implementasi Metode Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al-maarif Singosari
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa dalam pembelajaran PAI adanya proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan oleh guru sebagai pendidik dan belajar dilakukan oleh peserta didik dengan mempelajari materi-materi yang sedang dipelajari. peserta didik belajar untuk mengembangkan kemampuan konseptual ilmu pengetahuan dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Pembelajaran dikatakan baik apabila seorang guru berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dan menjadikan mereka siswa yang aktif dan kreatif sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Dari latar belakang penelitian diatas maka tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Perencanaan Implemenntasi Metode Inkuiri Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al-maarif Singosari 2) Untuk mengetahui Implementasi Metode Inkuiri Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al-maarif Singosari 3) Untuk mengetahui Bagaimana Kendala Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam di SMA Islam Al-maarif Singosari
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data apa adanya sesuai hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, kondensasi data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui 1) langkah perencanaan pembelajaran di SMA Islam Al-maarif dalam menggunakan metode inkuiri yakni menyiapkan RPP yang berkaitan dengan materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran yang dapat mendukung materi yang akan dibahas dan bahan evaluasi yang akan dikerjakan selama pembelajaran berlangsung. 2) Langkah implementasi pembelajaran menggunakan metode inkuiri di SMA Islam Al-maarif Singosari adalah guru menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang sesuai dengan metode inkuiri, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan rumusan masalah serta memberikan kesempatan untuk berdiskusi, guru memberikan kesimpulan dari apa yang telah disampaikan. 3) Kendala penerapan inkuiri disebabkan dengan karena latar belakang siswa yang berbeda. Maksudnya siswa yang berbeda itu berasal dari pesantren dan dari luar pesantren yang mengakibatkan kurangnya siswa untuk mengakses refrensi dari internet.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Inkuiri, Pendidikan Agama Islam