Implementasi Metode Demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang
Abstract
Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar PAI UNISMA menggunakan metode demonstrasi, yang mana dosen mengawali pembelajaran dengan menjelaskan secara singkat, jelas dan padat terkait poin-poin penting tentang materi pembelajaran. Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar PAI UNISMA dengan metode demonstrasi tersebut sesuai dengan penuturan beberapa mahasiswa yaitu dapat membuat mereka lebih paham dan mengerti tentang apa saja yang dibutuhkan oleh seorang guru dalam mengajar. Karena dengan metode tersebut mereka yang telah dibekali oleh praktek yang dilakukan merasa lebih siap dalam menerapkannya secara nyata dan bekal mereka ketika mengajar di kemudian hari baik melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau ketika menjadi guru kelak.
Berangkat dari konteks penelitian seperti yang dikemukakan di atas, maka penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi metode demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang? 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang? 3) Untuk mendeskripsikan hasil implementasi metode demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang?
Untuk menyusun hasil temuan, pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti dalam hal ini sangatlah penting dan utama. oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui beberapa tahapan di antaranya kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk teknik keabsahan yaitu dengan mengadakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat melalui diskusi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan implementasi metode demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang meliputi perumusan tujuan pembelajaran dan menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). 2) Pelaksanaan metode demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang diawali dengan menjelaskan tentang rancangan pembelajaran satu semester itu yang diawali dengan penjelasan tentang delapan keterampilan dasar mengajar. Namun dalam prakteknya, belum terdapat pengaturan posisi duduk dikarenakan pengajaran menggunakan zoom melalui sistem daring yang disebabkan oleh kondisi pandemi covid-19 dan diakhiri dengan pemberian tugas berupa praktek mengajar di lapangan. 3) Hasil implementasi metode demonstrasi pada Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang yaitu mahasiswa menjadi lebih banyak mengetahui tentang teori dan praktek dalam sebuah pengajaran dan menjadikan hasil belajar mahasiswa sangat efektif dalam hal meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik untuk bisa mengajar dengan baik.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Mata Kuliah Keterampilan Dasar Mengajar