Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Akhlak Siswa dalam Pembelajaran Daring di SMP Negeri 9 Malang
Abstract
Permasalahan dalam dunia pendidikan saat ini sangatlah banyak, baik dari segi kualitas maupun dari segi kuantitasnya. Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami degradasi yang cukup jauh dari posisi semula. Untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas sangat perlu strategi guru lebih ditingkatkan dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Diantara permasalahan mendasar itu salah satunya dapat dilihat melalui bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajarnya. Belajar yang berkualitas ditentukan dengan bagaimana penerapan strategi guru dan bagaimana materi yang disampaikan dapat diserap dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta bermanfaat bagi kehidupan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Dari latar belakang penelitian di atas, maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana strategi guru dalam mendidik siswa pada pembelajaran daring untuk membentuk akhlak siswa yang baik di SMP Negeri 9 Malang, strategi guru dalam mengajar siswa pada pembelajaran daring untuk membentuk akhlak yang baik di SMP Negeri 9 Malang, dan strategi guru dalam menilai siswa pada pembelajaran daring untuk membentuk akhlak siswa yang baik di SMP Negeri 9 Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam mendidik siswa pada pembelajaran daring untuk membentuk akhlak siswa yang baik di SMP Negeri 9 Malang. Strategi guru dalam mengajar siswa pada pembelajaran daring untuk membentuk akhlak siswa yang baik di SMP Negeri 9 Malang, dan strategi guru dalam menilai siswa pada pembelajaran daring untuk membentuk akhlak siswa yang baik di SMP Negeri 9 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa buku, laporan, makalah dan sebagainya. Sedangkan untuk uji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi.
Dari hasil temuan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam mendidik siswa dapat dilihat melalui pembiasaan, melalui teladan, dan melalui nasihat. Kemudian untuk strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengajar siswa dapat dilihat melalui ceramah, melalui diskusi, dan melalui tanya jawab. Untuk yang terakhir yakni strategi guru pendidikan agama Islam dalam menilai siswa dapat dilihat melalui penghargaan atau apresiasi yang bertujuan untuk membentuk akhlak yang baik, seperti berbicara santun, disiplin, dan menghargai orang lain.
Kata Kunci: Strategi Guru, Akhlak Siswa, Pembelajaran Daring