Implementasi Metode Bil Qolam terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMAI Al Maarif Singosari
Abstract
Proses pembelajaran Al-Qur’an mempunyai beberapa metode yang memiliki kedudukan yang sangat penting dalam proses pembelajarannya. Karena metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Tanpa adanya metode, suatu materi pembelajaran tidak akan dapat berproses secara efisien dan efektif dalam kegiatan belajar mengajarnya.
Tujuan penelitian ini dilaksanakan selain berasal dari latar belakang yang telah dijelaskan yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bil qolam terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di SMAI Al Maarif Singosari Malang. Peneliti dalam hal ini juga ingin mengetahui hasil dari implementasi metode bil qolam terhadap kemampuan membaca di SMAI Al Maarif Singosari Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti jenis kualitatif dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapacara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data dan verifikasi.
Metode bil qolam ini diterapkan di SMAI Al Maarif Singosari pada hari selasa dan rabu. Metode ini menggunakan teknik talqin-taqlid (menirukan) dimana guru membaca dulu yang kemudian dilanjutkan murid menirukan dan bersifat teacher sentris. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang dipaparkan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa-siswi dengan melihat penilaian yang memiliki 10 indikator penilaian. Hasil akhir penelitian menunjukkan tentang kualitas bacaan Al-Qur’an dalam membaca Al-Qur’an sebelum menggunakan metode bil qolam hingga menggunakan metode bil qolam di SMAI Al Maarif Singosari dikatakan berhasil.
Kata kunci: Metode Bil Qolam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an