Pelaksanaan Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Diskusi Online di SMK Budi Mulia Pakisaji
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunkan metode diskusi online bahwa metode pembelajaran terkait dengan suatu cara kerja yang memiliki tata sistem yang diperuntukkan untuk mempermudah proses penyelesaian suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang ideal. Penerapan metode pembelajaran yang secara spesifik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sangat penting dirancang untuk mencapai sebuah pembelajaran efektif dan bermakna.
Penggunaan metode pembelajaran tersebut harus dapat melibatkan peserta didik secara aktif, karena mereka adalah pusat dari kegiatan pembelajaran pengalaman belajar peserta didik, baik yang dilakukan dalam proses pembelajaran maupun kegiatan mandiri. Kegiatan ini bertujuan: (1) Mengembangkan kemampuan memahami teks dan mengikatnya dengan pengalaman pribadi sehingga tebentuk pribadi pembelajar sepanjang hayat; (2) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis;dan (3) Mengolah dan mengelola kemampuan komunikasi secara kreatif (verbal, tulisan, visual, digital) melalui kegiatan menanggapi teks buku bacaan dan buku pelajaran.
Metode diskusi online disini bagaimana guru bisa menjadi jembatan ilmu antara guru dan peserta didik melalui komunikasi yang baik dan juga sebagai penyedia fasilitas yang mumpuni. Dengan begitu, akan terciptanya suatu proses pembelajaran yang optimal. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru memiliki peran yang cukup penting untuk membuat ilmu-ilmu yang diajarkan dapat diterima oleh para peserta didiknya yang ada. Tak hanya berperan untuk mengajarkan ilmu-ilmu saja, banyak sekali peran guru dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode diskusi online di SMK Budi Mulia Pakisaji (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode diskusi online di SMK Budi Mulia Pakisaji (3) bagaimana evaluasi pembelajaran PAI menggunakan metode diskusi online di SMK Budi Mulia Pakisaji.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pungumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penulis menggunakan verifikasi data kemudia kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Budi Mulia Pakisaji.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan tentang Pelaksanaan Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Diskusi Online di SMK Budi Mulia, sebagai berikut: (1) Proses perencanaan pembelajaran menggunakan metode diskusi online, guru selalu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penjabaran dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. Rencana pelaksanaan pembelajaran berusaha menjawab bagaimana cara mengajarkan bahan ajar kepada peserta didik, pengembangan strategi dan berbagai aktivitas opsional yang akan diberikan dalam proses pembelajaran tersebut. Perencanaan pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode diskusi online guru menjajaki kemampuan yang dimiliki peserta didik dan mengingat kembali materi sebelumnya, guru menyampaikan program pembelajaran yang akan dipelajari, guru memberikan kesempatan kepada pserta didik untuk melakukan latihan-latihan, dan guru menyimpulkan materi-materi yang telah dipelajari pada pertemuan tersebut. (3) Proses evaluasi pembelajaran menggunakan metode diskusi online guru menentukan komponen pengukur derajat keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran dan keefektifan serta efisien proses pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan demikian evaluasi berarti penentuan nilai suatu program dan penentuan keberhasilan tujuan pembelajaran suatu program. Yaitu dengan komponen penilaian hasil belajar dan evaluasi pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Diskusi Online, Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran