Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu
Abstract
Pada titik ini banyak akhlak yang senakin terpuruk, sehingga peran guru di sekolah sangat penting dalam membentuk kepribadian peserta didik. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa karakter adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Melihat permasalah karakter peserta didik, sebagai Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai inovasi dalam membentuk karakter religius peserta didik dengan program kegiatan keagamaan yang di rencanakan dengan baik agar tujuan yang telah ditentukan oleh sekolah tercapai dengan efektif dan efesien. Dengan melaksanakan kegiatan keagamaan berupa program yang tepat dan sesuai, maka tujuan yang telah di rencanakan akan terwujud dengan sempurna. Maka, peneliti ingin mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui karakter religius peserta didik di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu. (2) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif, dimana tidak menggunakan hitungan angka melainkan dengan pendiskripsian. Teknik pengumpulan data tersebut berasal dari observasi, naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menarik kesimpulan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu, sebagai berikut: (1) Karakter religius peserta didik di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu yaitu karakter religius peserta didik di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu itu heterogen karena dilihat dari latar belakang peserta didik yang berbeda-beda mulai dari pondok pesantren, keluarga sudah religius sejak awal ada juga yang tidak bisa membaca Al-Quran sama sekali. Untuk proses pelaksanaan pembentukan karakter religius untuk yang sudah memiliki karakter religius proses pembentukan berjalan lancar, sedangkan yang masih belum memiliki karakter religius sekolah melakukan pembinaan secara khusus. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu yaitu guru sebagai pembimbing yaitu membimbing peserta didik sejak dini untuk membiasakan senyum, salam dan sapa serta hormat kepada guru, guru sebagai demonstrator yaitu pendekatan, teladan memberi contoh kepada peserta didik tentang tata cara berwudhu dan tata cara sholat berjamaah, tak lupa juga distu guru ikut serta memimpin mengimami sholat berjamaah tersebut, guru sebagai evaluator dan motivator yaitu guru memutarkan film inspiratif untuk memotivasi peserta didik untuk bisa mengambil nilai inspiratif yang ada dalam film itu, guru sebagai fasilitator yaitu ketika kegiatan kajian kitab disitu sekolah dan guru mendatangkan narasumber pembina pondok pesantren. Serta sekolah juga berkerja sama dengan perusahaan televisi swasta yaitu ATV, guru sebagai pendidik yaitu guru menenamkan agar peserta didik memiliki kemampuan mencetak generasi yang berpaham ahlus sunnah wal jamaah an-nahdiyah. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu. Faktor pendukung yaitu kepedulian sosial, kecerdasan dari dalam diri peserta didik, semangat belajar, adanya kekompakan guru (pendidik) antara guru pendidikan agama islam dengan waka kesiswaan dan guru lainya, sarana dan prasarana yang memadai, pembiayaan, adanya kegiatan keagamaan yang mendukung dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Faktor Penghambat yaitu Kedisiplinan yang kurang ada pada diri peserta didik, kesadaran peserta didik yang masih minim, keluarga artinya kurang kasih sayang, perhatian, bimbingan terkait dengan karakter religius.
Kata Kunci: Peran Guru, Pembentukan Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan