Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP Islam Almaarif 01 Singosari Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan (1) bentuk-bentuk kenakalan siswa Di SMP Islam Almaarif 01 Singosari; (2) upaya guru PAI dalam mengatasikenakalan siswa di SMP Islam Almaarif 01 Singosari; (3) dampak upaya guruPAI di SMP Islam Almaarif 01 Singosari. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dengan pendekatan deskriptif yang bertempat di SMP Islam Almaarif 01 Singosari dari tanggal 18 Desember 2021sampai dengan 31 Mei 2022. Subjek penelitian ini adalah seorang guru PAI dan Siswa kelas IX. Sumber data menggunkan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari konsiden data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, tringulasi, dan teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa-siswa di SMP Islam Almaarif 01 Singosari terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu: (a) Kenakalan ringan, (b) Kenakalan sedang, (c) Kenakalan berat. (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMP Islam Almaarif 01 Singosari Malang terbagi menjadi 2 strategi yaitu: (a) Strategi preventif (pencegahan) yang dilakukan oleh guru PAI dengan tujuan agara kenakalan siswa di SMP Islam Almaarif 01 Singosari tidak bekelanjutan, (b) Strategi guru PAI yang ada di SMP Islam Almaarif 01 Singosari dalam mengatasi kenakalan siswanya bersifat Kuratif (penyembuhan). (3) Dampak Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMP Islam Almaarif 01 Singosari Malang terbagi menjadi dua dampak yitu: (a) dampak positif upaya guru yang telah dilakukan kepada siswa yaitu, siswa yang mencuri tidak melakukan pencurian lagi, siswa yang membolos tidak mengulangi kembali, siswa yang dulunya tidak aktif dalam bidang keagamaan sehingga aktif mengikuti kegiatan keagamaan, siswa yang dulunya kurang disiplin menjadi dispilin. (b) Dampak negatif perilaku buruk yang ada di tengah masyarakat yang belum pernah di lihat oleh siswa sebelumnya merupakan sebuah dampak negatif dalam upaya guru untuk membentuk moral siswa. Ada beberapa macam perilaku buruk dalam lingkungan masyarakat yaitu: minum-minuman keras, narkoba, balap liar, tauran, judi, dan tindakan asusila.
Kata Kunci: Upaya Guru, Guru PAI, Kenakalan Siswa