Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 1 Malang
Abstract
SMA Negeri 1 Malang merupakan sekolah negeri yang tidak berlatar belakang agama, namun di dalamnya tercermin suasana keagamaan yang tidak kalah jauh dengan sekolah yang berlatar belakang agama. Siswa di SMA Negeri 1 Malang sudah memiliki karakter yang baik, namun pada karakter religius masih kurang tertanam dalam diri mereka. Nilai-nilai agama yang masih kurang sehingga kurangnya tertanam karakter religius pada diri siswa. Program keagamaan sudah dibuat oleh sekolah namun masih ada beberapa siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.
SMA Negeri 1 Malang memiliki tujuan yaitu mewujudkan warga sekolah yang beriman, taat beragama, dan berakhlak. Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan pembentukan karakter religius siswa. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa program guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Malang. 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Malang. 3) Bagaimana hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Malang. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan program guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Malang. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Malang. 3) Untuk mendeskripsikan hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Malang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Kehadiran peneliti dalam penelitian berperan sebagai instrument utama atau kunci. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data primer diperoleh melalui observasi di SMA Negeri 1 Malang dan wawancara dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, waka kurikulum, dan siswa. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi kegiatan, buku, dan jurnal. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua siswa di SMA Negeri 1 Malang tertanam karakter religius pada diri mereka. Guru Pendidikan Agama Islam sudah membuat program-program dalam pembentukan karakter religius siswa, namun masih ada beberapa siswa yang tidak melaksanakan program tersebut. Selain itu guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa strategi dalam pembentukan karakter religius siswa.
Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius