Implementasi Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang
Abstract
Salah satu metode yang sering di implementasikan di ranah pendidikan indonesia adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode pengajaran dengan cara memperagakan dan menunjukkan kepada peserta didik mengenai suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Terlepas dari metode penyajian tidak terlepas dari penjelasan guru, walaupun dalam metode demonstrasi siswa hanya sekedar memperhatikan, Metode demonstrasi ini memperlihatkan bagaimana tata cara melakukan sesuatu pada seluruh peserta didik.
Berdasrakan observasi studi pendahuluan, bahwasannya metode yang digunakan oleh pengajar mata pelajaran PAI di kelas XI SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang agar memaksimalkan kegiatan pembelajaran adalah metode demonstrasi. Pengajar menggunakan metode demonstrasi karenea metode demonstrasi jika digunakan pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam sangatlah efektif dan efesien. Akan tetapi penggunaan atau penerapan metode demostrasi yang dilakukan oleh guru terdapat beberapa hambatan yang terjadi.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang dan faktor yang menghambat penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang dan untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan diskusi teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti bahwasannya pemetaaan materi sebagai penyampaian dasar materi pembelajaran terkait pokok pembahasan secara mendasar, disini guru sebelumnya banyak menggunakan metode, salah satunya adalah metode demonstrasi.
Penyampaian perencanaan pembelajaran sebagai tujuan setalah peserta didik mendengarkan pemetaan materi yang telah disajikan, guru menjelaskan mengapa pendemonstrasian itu penting dalam materi pembelajaran yang akan di demonstrasikan.
Dalam proses pembelajaran guru mencontohkan tata cara pengurusan jenazah terlebih dahulu kemudian selanjutnya diikuti oleh peserta didik dilakukan secara bergilir dan dengan kemampuan masing-masing yang berbeda tergantung sampai mana pengetahuan mereka terkait dengan materi pengurusan jenazah.
Faktor hambatan yang dihadapi dalam menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI adalah kurangnya peserta didik yang mengetahui tata cara pengurusan jenazah, dan juga sarana dan prasarana sebagai faktor pendukung dimana hal ini sangatlah perlu diperhatikan lebih dalam lagi oleh guru
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu Tujuan pembelajaran diukur dari seberapa besar tingkat keefektifan pembelajaran meskipun berada pada masa darurat karena ketidak optimalan proses pembelajaran disebabkan oleh penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan Diharapkan bagi para guru di SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang untuk lebih inovatif dalam menggunakan metode demonstrasi sehingga akan memaksimalkan efektivitas pembelajaran serta Bagi peserta didik yang ada di SMAI Al-Ma’arif Singosari Malang khususnya kelas XI untuk belajar lebih giat lagi dan meningkatkan semangat untuk mengikuti pembelajaran disekolah maupun belajar di rumah dengan sungguh-sungguh apa yang dikerjakan membuahkan hasil yang baik.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Proses Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.