Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Siswa Kelas IX SMP Wahid Hasyim Malang
Abstract
Kegiatan keagamaan sangat penting untuk meningkatkan perilaku sosial siswa, karena saat ini kita memasuki era yang canggih. Kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai Islam dikehidupan sehari-harinya, dengan berperilaku sesuai ajaran Agama.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan perilaku sosial siswa kelas IX SMP Wahid Hasyim Malang, dengan memfokuskan pada tiga fokus penelitian yaitu: Pertama, konsep kegiatan keagamaan dalam meningkatkan perilaku sosial siswa kelas IX SMP Wahid Hasyim Malang. Kedua, pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan perilaku sosial siswa kelas IX SMP Wahid Hasyim Malang. Ketiga, evaluasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan perilaku sosial siswa SMP Wahid Hasyim Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, konsep kegiatan keagamaan di SMP Wahid Hasyim Malang dilatar belakangi oleh visi sekolah yaitu untuk mewujudkan siswa yang berkarakter Islami dan memiliki berbagai macam kegiatan keagamaan yang terbagi menjadi empat macam kegiatan harian, Mingguan, bulanan, dan tahunan. Kedua, pelaksanakan kegiatan keagamaan di SMP Wahid Hasyim Malang dilaksanakan secara teratur dan berurutan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama yaitu kegiatan harian seperti kegiatan 3S (salam, senyum, sapa), sholat berjama’ah yang terdiri dari sholat dhuha dan sholat dhuhur. Kegiatan Mingguan seperti sholat jumat berjama’ah. Sedangkan dalam kegiatan tahunan seperti kegiatan memperingati hari besar Islam di pekan ramadhan dengan berbagi takjil. Melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan ini akan terbentuk siswa siswi yang berperilaku sopan santun dan gotong royong dengan cara pemberian peraturan kegiatan keagamaan, motivasi, pembiasaan, hukuman, keteladanan dan penguatan do’a. Ketiga, evaluasi kegiatan keagamaan yang dilakukan di SMP Wahid Hasyim Malang adalah evaluasi absensi, pengamatan dan rapat.
Kata Kunci : Kegiatan Keagamaan, Perilaku Sosial Siswa