Show simple item record

dc.contributor.authorSoliha, Amaliatus
dc.date.accessioned2022-12-22T03:03:20Z
dc.date.available2022-12-22T03:03:20Z
dc.date.issued2022-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6088
dc.description.abstractSecara umum Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran – ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam . Ajaran – ajaran tersebut dalam Al – Qur’an dan Al – Hadits untuk kepentingan pendidikan . Maka pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam . Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran – ajaran itu dalam kehidupan sehari – hari . Permasalahan yang muncul pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 5 Malang, yaitu pertama, minat siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru masih kurang maksimal. Kedua, nilai yang didapatkan masih ada beberapa siswa yang dibawah rata-rata. Ketiga motivasi dalam belajar siswa yang mulai menurun, sehingga keaktivan dalam belajar mulai bekurang atau siwa lebih pasif. Permasalahan tersebut dikarenakan pertama, materi yang di tampilkan dihadapan siswa lebih dominan berupa tulisan huruf/kalimat, hal ini membuat siswa merasa bosan yang sehingga siswa kurang fokus dan termotivasi dalam belajar, dan apabila sudah berkurang kefokusan dan motivasi pada diri siswa terhadap materi yang disampaiakan, maka nilai yang didapatkan siswa akan kurang maksimal. Kedua, seringnya guru dalam menyampaikan materi secara lisan, hal ini yang membuat siswa kurang aktif dan juga berkembang dalam belajarnya. Oleh karena itu, guru PAI SMA Negeri 5 Malang menerapkan media gambar sebagai alat yang dapat memancing kefokusan, prestasi dan juga termotivasi siwa untuk aktif dalam belajara Dari latar belakang di atas maka penulis mengambil rumusan masalah antara lain : Bagaimana perencanaan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang ? Bagaimana pelaksanaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang ? Bagaimana hasil dari penerapan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang, pelaksanaan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang,hasil dari penerapan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus karena penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif. Peneliti menekankan pada penjelasan studi kasus yakni pemanfaatan media gambar pada pelajaran pendidikan agama islam kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 5 Malang. Dalam penelitian ini data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Fokus pertama, Perencanaan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang yang dilakukan oleh guru yaitu identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan, perumusan materi, perumusan media, perumusan alat pengukur keberhasilan. Fokus kedua , Pelaksanaan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pertama pembukaan, guru melakukan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peerta didik sebagai sikap disiplin. Lalu mengaitkan materi pembelajaarn yang akan dibahas dengan pengalaman peserta didik Berikutnya menyampaikan motivasi tentang yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat). dan menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan di capai dan metode yang akan di tempuh. Tahap kedua yautu Pelaksanaan, guru menampilkan materi berupa ppt yang berisikan dengan tulisan. Lalu guru menerangkan materi sampai selesai. Selanjutnya siswa diminta memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berikutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Dilanjut oleh guru dengan menampilkan gambar yang sesuai dengan materi. Lalu siswa di minta untuk mengidentifikasikan gambar tersebut, memberikan pendapat tentang gambar tersebut. dan siswa menyampaikan solusi serta ibra dari gambar yang di tampilkan dan guru membarikan tugas dengan meresum dan tes tulis. Tahap ketiga yaitu penutup pada kegiatan akhir dari pembelajaran yang mana peserta didik dan guru merefleksikan kegiatan pembelajarn, peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan pembelajaran. Guru memberikan penghargaan seperti pujian atau bentuk yang lainnya terhadap siswa yang kinerjanya baik. Guru menyampaikan materi pembelajaran yang berikutnya atau minggu depan yang akan dibahas. Dan guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan doa dan salam. Fokus ketiga, yang merupakan hasil dari penerapan media gambar diantaranya dapat meningkatnya minat belajar siswa, dengan adanya media gambar siswa dapat lebih fokus dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Meningkatnya prestasi siswa, penggunaan media gambar dapat memberikan daalm proses ingatan siswa akan lebih berkesan dan mendalam sehingga nilai belajar siswa yang didapatkan lebih baik. Dan meningkatnya motivasi dalam belajar yang dapat mendorong dalam diri siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Gambar, Pedidikan Agama Islam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPemanfaatan Media Gambaren_US
dc.titlePemanfaatan Media Gambar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 5 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record