Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di SMP Negeri 13 Malang
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa pada periode new normal diantaranya: menanamkan mendisiplinkan dan menasehati siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan, menggunakan media e-digital dalam pembelajaran proses, menunjukkan nilai-nilai dalam bentuk angka dan simbol kepada siswa, memberikan gambaran tentang semangat belajar kepada siswa, memberikan materi yang menarik dalam pengajaran, memberikan pujian kepada siswa baik berupa pujian verbal dan objektif, menggunakan metode pembelajaran yang menarik, memiliki kepribadian dan memberikan contoh yang baik bagi siswa, melaksanakan kegiatan di luar ruangan pembelajaran seperti tempat terbuka, perpustakaan, musholla, aula, dan cottage, dan mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, terutama di bidang keagamaan.
Sementara itu, kendala yang dialami oleh para guru di sekolah baru periode normal adalah: kondisi siswa yang masih terbawa oleh suasana belajar offline, pendekatan emosional siswa, waktu pembelajaran yang bertepatan dengan waktu sholat, dan ada beberapa siswa yang melakukannya tidak mau menerima pendapat atau nasehat guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan penerapan yang ditemukan oleh guru di SMP negeri 13 Malang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa baru periode normal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada yang terpilih responden yaitu guru Pendidikan Agama Islam di SMP negeri 13 Malang.
Kata Kunci: Upaya Guru di Era New Normal, Meningkatkan Pembelajaran Motivasi, Belajar di Era New Normal