dc.description.abstract | Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa meningkat, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan mengikut sertakan dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, terutama dengan memperhatikan pemilihan metode yang tepat. Seperti metode pembelajaran example non example merupakan metode yang menggunakan gambar sebagai media untuk penyampaian materi, yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan yang termuat dalam contoh gambar yang disajikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan metode example non example terhadap hasil belajar siswa di SMP Islam Ma’arif 02 Malang (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan metode example non example pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Islam Ma’arif 02 Malang (3) mengetahui pengaruh metode example non example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (experimental research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, di analisis dengan perhitungan statistik rumus uji paired sample t test dengan bantuan SPSS for windows 26.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan metode example non example pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Islam Ma’arif 02 Malang pada kelas eksperimen terlihat antusias dan lebih bersemangat dalam belajar, siswa juga lebih aktif bertanya mengenai materi yang sedang dipelajari. (2) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang setelah penerapan metode example non example lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test 83,82 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 64. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata post-test 68,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 54. (3) pengaruh metode example non example terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PAI pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan nilai sig 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikasi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa di SMP Islam Ma’arif 02 Malang.
Kata Kunci: Metode Example Non Example, Hasil Belajar, PAI | en_US |