Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat Kota Malang
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan media dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran. Peran strategi pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang optimal akan mengefektifkan proses tersebut. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menumbuhkan minat belajar siswa, maka diperlukan upaya lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi metode, dan media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Minat belajara siswa terhadap pembelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat Kota Malang. (2) Strategi guru dala meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat Kota Malang. (3) Upaya guru dala meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Mu’allimat Kota Malang
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MA Mu’allimat Kota Malang bahwa guru selalu berusaha meningkatkan minat belajar siswa dengan berbagai strategi, metode, dan media pembelajaran. Menyajikan materi dengan maksimal, menyediakan sarana penunjang belajar yang memadai dan memperhatikan aspirasi, dan hobi siswa. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MA Mu’allimat Kota Malang dilakukan dengan menyediakan sumber belajar, menggunakan metode/strategi dan media mengajar yang variatif, memberikan tantangan dan hukuman serta meningkatkan disiplin belajar siswa.
Kata Kunci : Strategi dan Minat Belajar