dc.description.abstract | Peran guru pendidikan agama Islam merupakan komponen yang paling penting dalam peningkatan pendidikan agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) meningkatkan mutu pendidikan Islam melalui pengembangan pembelajaran PAI.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMA An-Nur Bululawang Malang, (2) untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di SMA An-Nur Bululawang Malang, (3) untuk mendeskripsikan kendala yang dialami oleh guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMA An-Nur Bululawang Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMA An-Nur Bululawang adalah dengan merencanakan program pembelajaran dan juga membina peserta didik agar mampu memahami Islam secara menyeluruh dan mampu meluluskan peserta didik yang berkualitas, (2) strategi guru PAI dalam melaksanakan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMA An-Nur Bululawang yaitu guru langsung membimbing siswa ketika pelaksanaan kegiatan dan juga melaksanakan kegiatan-kegiatan lomba keagamaan pada hari-hari besar Islam, (3) kendala guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMA An-Nur Bululawang adalah kurangnya antusiasme siswa, kurangnya alokasi waktu pembelajaran dan kurangnya kedisiplinan peserta didik.
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan Agama Islam | en_US |