Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Sektor Publik (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima NTB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap tingkat pemahaman akuntansi sektor publik. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD) Kota Bima NTB. Populasi dalam penelitian yaitu 70 orang pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bima NTB. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dimana anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data yang digunakan adalah data primer. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah secara simultan pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi sektor publik. Sedangkan secara parsial pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi sektor publik.
Kata Kunci : Pendidikan, Pelatihan, dan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sektor Publik.