dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk generasi yang berkualitas, melalui keterampilan guru dalam mengelola kelas dapat meningkatkan generasi yang unggul, cerdas dan berpengetahuan luas. Hal tersebutlah yang melatar belakangi MI Khadijah Malang agar peserta didik dapat meningkatkan semangat belajar melalui perencanaan serta pelaksanaan pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru dan hasil pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, perencanaan, strategi, dan kemampuan mengelola kelas sangat penting untuk wawasan dan kemajuan kreatifitas peserta didik sehingga peserta didik dapat mengetahui tidak hanya dari materi tetapi dari segi percobaan secara langsung.
Berdasarkan observasi keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses belajar atau mengarahkan anak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan membuat keputusan, di mana dalam pembelajaran tematik ini lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu sehingga guru dapat membuka ruang yang luas bagi peserta didik untuk mengalami sebuah pengalaman belajar yang lebih bermakna, berkesan, dan menyenangkan dengan menggunakan media tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran tematik pada masa pandemi, pelaksanaan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik di masa pandemi, hasil pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran tematik di masa pandemi. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas dilakukan dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian di lakukan di MI Khadijah Malang. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, laporan-laporan, agenda dan sebagainya.
Pada pembelajaran tematik didapatkan hasil temuan penelitian bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik kelas v Madrasah Ibtidaiyah pada masa pandemi ini guru terlebih dahulu menyiapkan RPP dengan silabus sebagai pedoman kurikulum sebagai kemudian menentukan media pada materi tertentu. Media yang sering di gunakan guru dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi adalah media PPT, video pembelajaran di youtube. Strategi yang di digunakan guru yaitu media pembelajaran. Guru menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran untuk materi tertentu, atau peserta didik diaplikasikan langsung pada experimen. Salah satunya dengan menggunakan strategi project based learning dan inkuiri berpendekatan student centered.
Ada beberapa kendala yang dialami guru dalam guru kurang bisa mengganti media yang berbeda-beda,jumlah siswa di kelas yang banyak, dan ruang kelas yang sempit sulit bagi siswa untuk membuat kelompok kelas dalam berdiskusi. Ditambah lagi siswa sering bercakap-cakap dengan teman sebelah bangkunya sehingga menimbulkan keributan, ditambah dengan kursi meja yang berdekatan.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Pembelajaran Tematik
| en_US |