Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muddatsir Kemulan Turen
Abstract
Usaha-usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah dengan membuat atau memberikan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran. Inovasi dalam proses pembelajaran bisa didapatkan dengan melakukan strategi dan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran dan keadaan kelas. Selain metode dan strategi yang sesuai, pengaruh media pembelajaran juga sebuah instrument penting dalam mencapai tujuan dalam pembelajaran.
Pesatnya kemajuan perkembangan teknologi semakin memberi dorongan, pengaruh dan kontribusi yang besar dalam berbagai aspek, contohnya dalam dunia pendidikan. Teknologi dalam pendidikan dapat dilihat dalam perubahan alat bantu mengajar atau sebagai media pembelajaran, yakni menjadi serba digital dan mengandalkan internet dan kekuatan perangkat lunak dari sebuah software baik dalam personal computer atau smartphone.
Tematik tema 1 subtema 1 kelas V Organ gerak manusia dan hewan ini bertujuan membekali peserta didik agar dapat: (1) Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. (2) Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. (3) Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (4) Memahami gambar cerita. (5) Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
Berawal pada permasalahan ketidak variasian media pada pembelajaran tematik dan kurangnya, maka pengembangan ini menitikberatkan pada pengembangan media pembelajaran. Metode pengembangan ini adalah (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Software yang digunakan adalah Flip PDF Corporation. Data yang dikumpulkan berupa data validitas Flipbook dan respon pengguna Flipbook. Validitas diukur dengan data uji ahli media, ahli materi dan guru kelas V. Data yang telah terkumpul kemudia dikonversi dalam skala likert. Subjek untuk responden flipbook diperoleh dari 8 siswa kelas V (uji kelompok kecil) dan 30 siswa kelas V (uji kelompok besar). Hasil pengembangan menunjukkan (1) Validitas ahli media, ahli materi dan guru kelas dinayatakan “sangat layak” dengan penilaian rata-rata keseluruhan 93,3% (2) respon peserta didik terhadap Flipbook sebesar 78% berada pada interval 76%-100% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut terdapat kesimpulan bahwa pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran yang layak dan menambah kevariasian dan motivasi dalam pembelajaran tematik tema 1 subtema 1 kelas v.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Tematik, Flip Pdf Corporation, Model ADDIE