Show simple item record

dc.contributor.authorYulistia, Putri Veronica
dc.date.accessioned2020-11-27T03:25:30Z
dc.date.available2020-11-27T03:25:30Z
dc.date.issued2020-07-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/616
dc.description.abstractMenulis merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengungkapan pikiran atau ide yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif sehingga penulis harus memiliki kemampuan dalam menggunakan kosakata, tata tulis, dan struktur bahasa. Keterampilan menulis juga dapat mengomunikasikan hasil pemikiran yang menghasilkan suatu tulisan yang akurat, singkat, dan jelas sehingga orang lain yang membaca dapat memahami isi tulisan tersebut dengan baik. Cerita pendek adalah fiksi pendek yang selesai dibaca sekali duduk. Cerpen termasuk bentuk prosa naratif fiktif yang cenderung lebih padat dibandingkan dengan fiksi lain yang lebih panjang seperti novel. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media film pendek dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media film pendek. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji efektivitas media film pendek dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Film pendek merupakan film dengan durasi pendek antara 1 menit – 30 menit, menurut standar festival internasional. Film pendek yang digunakan dalam penelitian ini adalah film pendek yang berjudul “Jangan Menyerah” dan “Berubah”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positifisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi atau quasi experimental. Penelitian eksperimen kuasi adalah penelitian yang dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian dan adanya kontrol. Tujuan dari eksperimen kuasi adalah untuk mengkaji ada tidaknya hubungan sebab akibat serta berapa besar hubungan sebab akibat tersebut. Hasil peningkatan tulisan siswa kelas eksperimen skor terendah 27 dan tertinggi 37 dengan mean 31.53, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media film pendek skor terendah menjadi 37 dan tertinggi 49 dengan mean 43.03. Perbedaan perolehan skor pada kedua kelompok, yaitu kelompok kontrol skor terendah 31 dan skor tertinggi 40 dengan mean 35.71, sedangkan skor postest kelompok eksperimen, skor terendah 37 dan skor tertinggi 49 dengan mean 43.03. Hal tersebut membuktikan bahwa media film pendek efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. Hasil Penelitian ini menunjukkan besar t hitung (th) adalah 7.812 dengan db 66 diperoleh nilai p 0.000. Nilai p lebih kecil dari 0.05 (p: 0.000 < 0.05). Dengan demikian, hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol yang diajar menulis cerpen tanpa menggunakan media film pendek dengan kelompok eksperimen yang diajar menulis cerpen menggunakan media film pendek.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectFilm Pendeken_US
dc.subjectMenulis Cerpenen_US
dc.titleEfektivitas Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record