Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang
Abstract
Globalisasi di zaman ini mengalami perkembangan pesat, yang membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. namun tanpa disadari telah menggeser nilai-nilai budaya bangsa dan perilaku hidup generasi muda. Maka dari itu, pendidikan karakter yang dapat menjawab permasalahan tersebut. SMA Modern Al-Rifa’ie merupakan sekolah yang hadir memberikan solusi kepada masyarakat untuk tetap mengedepankan akhlakul karimah tanpa meninggalkan teknologi.
Latar belakang tersebut membuat peneliti tertarik ingin mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya-upaya guru PAI di SMA Modern Al-Rifa’ie dalam pembentukan karakter peserta didik , sehingga mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter baik.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif karena data-data yang diperoleh merupakan data-data yang bersifat deskriptif. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model teknik analisis data kualitatif Milles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Audit hasil penelitian ini dilakukan dengan ketekunan peneliti, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan triangulasi.
Adapun hasil dari penelitian yakni guru PAI di SMA Modern Al-Rifa’ie secara garis besar memiliki dua upaya dalam pembentukan karakter, yang pertama upaya untuk pribadi guru dan yang kedua upaya untuk peserta didik. Adapun upaya untuk pribadi guru yakni upaya guru menjadi pribadi kunci dan menjadi guru yang mendidik dengan hati. Kemudian upaya guru untuk peserta didik yakni guru menggunakan metode dalam pembentukan karakter serta didik melalui pembiasaan-pembiasaan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan pembiasaan maka peserta didik akan dibimbing dan diarahkan untuk terbiasa dan akan menjadi karakter di dalam diri peserta didik.
Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Pembentukan Karakter