Penerapan Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al Barzanji di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang
Abstract
Kitab ‘Iqd al-Jawahir (kalung permata) yang lebih dikenal dengan sebutan al-Barzanji dan Kitab Manaqib Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani yang selalu menjadi pegangan tarekat Qodiriyah merupakan karya monumental Syekh Ja’far Al-Barzanji. Kitab ‘Iqd al-Jawahir/Al-Barzanji dan Kitab Manaqib Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani telah memberikan sumbangsih positif bagi dunia Islam dalam membangun nilai-nilai akhlak. Selanjutnya bahwa nilai pendidikan akhlak Syekh Ja’far bin Hasan bin Abd Al-Karim sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda yang didasarkan kepada apa yang diajarkan oleh Nabi Muhamamd Saw, baik secara teoritis berdasarkan al-Qur’an maupun secara praktis melalui perilaku kehidupannya sehari-hari.
Pendidikan akhlak adalah suatu kegiatan atau usaha sadar yang dilakukan dengan sengaja untuk memberikan bimbingan, baik jasmani maupun rohani, melalui penanaman nilai-nilai, latihan moral, fisik serta menghasilkan perubahan ke arah positif yang nantinya dapat diaktualisasikan dalam kehidupan, dengan kebiasaan bertingkah laku, berpikir dan berbudi pekerti yang luhur menuju terbentuknya manusia yang mempunyai pribadi ataupun sifat yang melekat dalam jiwa manusia.
Adapun fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang; 1) model penanaman nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al Barzanji, 2) bentuk penerapan nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al Barzanji dan 3) faktor -faktor yang mendukung dan menghambat penerapan nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al Barzanji di MTS Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Metode pengumpilan data yang dugunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan pengecekan/ diskusi teman sejawat.
Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Model penanaman nilai pendidikan akhlaq dalam kitab Al Barzanji di MTs Raudlatul Ulum dilakukan melalui metode nasihat, keteladanan dan metode perhatian, kemudian dengan metode pembentukan lingkungan yang baik / kondusif, baik lingkungan di dalam kelas maupun lingkungan luar kelas, 2) Penerapan nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al Barzanji di MTs Raudlatul Ulum meliputi; a) Terkait dengan pemilihan guru yakni guru harus sesuai dengan kualifikasi pendidikan, menguasai materi dan harus disiplin. b) Akhlak secara individual meliputi; ikhlas, mematuhi dan mentaati orangtua, menjadi suritauladan yang baik, Sabar, c) Akhlak secara sosial meliputi; kerjasama, musyawarah, saling membantu setulus hati, sopan dan memberikan motivasi dan dorongan untuk berbuat baik. 2) Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Al Barzanji di MTs Raudlatul Ulum yakni; a) faktor pendukung yaitu guru dan karyawan memiliki komitmen untuk bisa menjadi tauladan yang baik, kemudian lingkungan sekolah yang cukup kondusif, b) faktor penghambat yakni a) kurangnya pemahaman dari sebagian kecil guru mata pelajaran umum tentang pentingnya penanaman nilai pendidikan akhlak pada peserta didik, b) kurangnya pemahaman dari orangtua tentang pentingnya keteladanan dan pembiasaan berakhlak yang baik.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Al Barzanji