Show simple item record

dc.contributor.authorZahro, Azizatuz
dc.date.accessioned2023-01-11T02:43:02Z
dc.date.available2023-01-11T02:43:02Z
dc.date.issued2022-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6210
dc.description.abstractKeluarga pendidik pertama dan utama, artinya disinilah dimulainya proses interaksi pendidikan, bimbingan pendidikan agama dari keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan sikap anak, maka dari itu peran keluarga akan sangat mempengaruhi proses belajar anak dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tujuaan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang, dengan memfokuskan pada 3 fokus penelitian yaitu: pertama, perencanaan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang. Kedua, pelaksanaan peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga, evaluasi keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang. Pebelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitukondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan keluarga yaitu mencaritahu gaya belajar anak, dan media yg dibutuhkan, menumbuhkan semangat belajar anak salah satunya dengan menjanjikan sesuatu yang diinginkan ketika mengalami kenaikan prestasi belajar. (2) Pelaksanaan peran keluarga yaitu selalu memberikan bimbingan dan motivasi, mengawasi pergaulan anak, selalu memberi perhatian anak, menemani ketika belajar. (3) Evaluasi yang dilakukan keluarga yaitu dengan membandingkan prestasi belajar yang sekarang dengan tahun lalu, jika mengalami peningkatan maka perencanaan dan pelaksanaan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar anak dilanjutkan penerapannya dan memberi apresiasi, tetapi ketika mengalami penurunan maka harus mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya. Kata Kunci : Peran Keluarga, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Keluargaen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePeran Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record