View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang

No Thumbnail [100%x80]
View/Open
Publish (2.196Mb)
Fulltext (3.567Mb)
Date
2022-06-30
Author
Zahro, Azizatuz
Metadata
Show full item record
Abstract
Keluarga pendidik pertama dan utama, artinya disinilah dimulainya proses interaksi pendidikan, bimbingan pendidikan agama dari keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan sikap anak, maka dari itu peran keluarga akan sangat mempengaruhi proses belajar anak dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tujuaan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang, dengan memfokuskan pada 3 fokus penelitian yaitu: pertama, perencanaan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang. Kedua, pelaksanaan peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga, evaluasi keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang. Pebelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitukondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan keluarga yaitu mencaritahu gaya belajar anak, dan media yg dibutuhkan, menumbuhkan semangat belajar anak salah satunya dengan menjanjikan sesuatu yang diinginkan ketika mengalami kenaikan prestasi belajar. (2) Pelaksanaan peran keluarga yaitu selalu memberikan bimbingan dan motivasi, mengawasi pergaulan anak, selalu memberi perhatian anak, menemani ketika belajar. (3) Evaluasi yang dilakukan keluarga yaitu dengan membandingkan prestasi belajar yang sekarang dengan tahun lalu, jika mengalami peningkatan maka perencanaan dan pelaksanaan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar anak dilanjutkan penerapannya dan memberi apresiasi, tetapi ketika mengalami penurunan maka harus mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya. Kata Kunci : Peran Keluarga, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6210
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

NoThumbnail