Penerapan Pendidikan Karakter Religius pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang
Abstract
Pada zaman yang modern ini, banyak sekali kasus-kasus degradasi moral yang terjadi. Salah satunya adalah krisis dalam dunia pendidikan. Banyak kalangan pelajar yang sering membolos, mencontek ketika ujian atau ulangan harian, berkelahi dengan teman, sikap senioritas yang tinggi, sering berkata kasar dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penanaman karakter pada siswa, apalagi pendidikan karakter religius. Penanaman nilai-nilai karakter religius dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, untuk membuat akhlak siswa menjadi lebih baik lagi. Sehingga peneliti tertarik akan meneliti hal tersebut.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang perencanaan penerapan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang, pelaksanaan penerapan penerapan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang dan hasil penerapan penerapan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang rencana penerapan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang, mendeskripsikan pelaksanaan penerapan penerapan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang dan mendeskripsikan hasil penerapan penerapan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan didalam penelitian ini, yakni: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada peneliti ini harus memulai beberapa teknik pengujian data. Dalam penelitian ini menggunakan teknik: derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferbility), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability).
Hasil kesimpulan penelitian ini antara lain: (1) Adanya perencanaan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang berjalan dengan maksimal. Dengan membangun budaya religius di sekolah, pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) setiap semester, pembuatan Satpel (Satuan Pelajaran) setiap akan masuk kelas, melakukan rapat setiap bulannya, menyediakan fasilitas yang mendukung, melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan. (2) Pelaksanaan penerapan pendidikan karakter religius pada siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang sudah berjalan dengan maksimal. Dengan menggunakan metode pembiasaan, metode suri tauladan, metode nasihat, dan metode anjuran atau larangan, (3) Hasil penerapan pendidikan karakter religius pada siswa di SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang sudah cukup bagus. Karena berdampak bagi siswa yaitu dari segi spiritual dan segi sosial. Dari segi spiritual yaitu bertambahnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT, hal ini tampak dari rajinnya sholat berjama’ah, rajinnya melaksanakan ibadah sunnah seperti sholat tahajjud, sholat dhuha, melalar Al-Qur’an serta rajinnya melaksanakan aktivitas-aktivitas yang lainnya di SMA Al-Rifa’ie Satu. Dari segi sosial yaitu berdampak pada ucapan dan perbuatan para siswa SMA Al-Rifa’ie Satu, memiliki sikap yang peduli kepada sesama makhluk.
Kata Kunci : Penerapan, Pendidikan Karakter, Religius