Edukasi Karakter Peduli Lingkungan di MI Cemorokandang

Show simple item record

dc.contributor.author Nabila, Vinka Afni
dc.date.accessioned 2023-01-12T02:02:41Z
dc.date.available 2023-01-12T02:02:41Z
dc.date.issued 2022-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6238
dc.description.abstract Edukasi karakter peduli lingungan adalah perwujudan dari sikap manusia terhadap lingkungan berupa tindakan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan upaya untuk mencegah rusaknya lingkungan alam disekitarnya, serta berusaha untuk memperbaiki segala kerusakan alam yang sudah terjadi, jangan sampai lingkungan dibiarkan MI Cemorokandang adalah Madrasah Ibtidaiyah yang terletak di Desa Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang kota Malang. Di dalam MI tersebut terdapat beberapa permasalahan yang dapat digunakan peneliti untuk melakukan penelitian tetapi hanya satu permasalahan yang menurut peneliti sangat menarik untuk diteliti dan masalah tersebut adalah Edukasi Karakter Peduli Lingkungan. Berdasarkan penelitian diatas, peneliti lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh yang akan penuis taungkan dalam bentuk skripsi yang berjudul “Edukasi Karakter Peduli Lingkungan di MI Cemorokandang. Pentingnya pendidikan karakter peduli lingkungan seharusnya pemerintah membuat program adiwiyata, yang merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya kesadaran dan pengetahuan sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, untuk itu diharapkan sekolah terlibat untuk mencapai lingkungan yang sehat dan menghindari dampak negatif metode kualitatif tentang studi kasus Berdasarkan dari paparan data yang peneliti peroleh melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi, bahwa di MI Cemorokandang melakukan penerapan edukasi karakter lingkungan dengan adanya program visi dan misi yang telah ditetapkn oleh sekolah. Dengan menetapkan semua warga yang ada dilingkungan sekolah harus mengikuti program yang telah ditetapkan agar karena menjaaga kelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan menjadi kewajiban bagi setiap manusia, kesalahan perlakuan manusia terhadap lingkungan telah banyak menyebabkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan masih banyak bencana alam lainnya.Untuk itu pendidikan karakter peduli lingkungan harus di implementasikan sejak dini, agar siswa-siswa mengerti dan terbiasa bersikap peduli terhadap peduli lingkungan sekolah dimanapun ia berada.Hasil dari penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa peneliti menyimpulkan bahwa MI Cemorokandang sudah menanamkan edukasi karakter peduli lingkungan dengan melaksanakan sesuai dengan program visi dan misi mereka yang telah ditetapkan oleh lembaga. Dalam melaksanakan program tersebut terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung yang telah peneliti temukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan mengambil dokumentasi sebagai bahan pendukung yang akurat. Adapun faktor penghambat dalam melaksanakan edukasi karakter peduli lingkungan di MI Cemorokandang ini yaitu : pertama kurang sadarnya siswa terhadap lingkungan sekitar, kedua sikap acuh tak acuh siswa, ketiga terbatastasnya media pengetahuan atau slogan. Adapun faktor pendukung pelaksanaan edukasi karakter peduli lingkungan di MI Cemorokandang yaitu: pertama Guru memberi contoh kepada siswa, kedua Memberikan jadwal piket, ketiga Pemberian sanksi pada siswa yang membuang sampah sembarangan.   Kata Kunci : Edukasi, Peduli Lingkungan, Karakter en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Edukasi en_US
dc.subject Peduli Lingkungan en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.title Edukasi Karakter Peduli Lingkungan di MI Cemorokandang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account